Headlines News :
Home » » Inilah Ikan Berkepala Transparan

Inilah Ikan Berkepala Transparan

Written By dharma08 on Senin, 10 September 2012 | 19.21

Macropinna microstoma atau sering dikenal dengan nama Barreleye, hidup di perairan yang dalam dan beriklim tropis di daerah Atlantik, Pasifik dan Laut Hindia. Ikan unik ini memiliki alat penciuman atau lubang hidung tepat diatas mulut yang mirip seperti mata. Percaya atau tidak, benda hijau berbentuk tabung yang berada di dalam kepala ikan merupakan alat penglihatan atau mata dari makhluk ini (mirip seperti kanopi pada pesawat jet tempur).

Hidup di laut pada kedalaman dimana sinar matahari mulai redup. Mata mereka memiliki kemampuan yang sangat baik untuk mengumpulkan cahaya, yang memungkinkan mereka untuk mencari mangsa. Ahli biologi laut percaya bahwa alat penglihatan mereka terletak di dalam kepala, yang membuat mereka hanya mampu melihat keatas. Hal ini berarti akan membuat ikan ini sulit untuk melihat kedepan, dan dengan bentuk mulutnya yang kecil dan runcing akan menyulitkan mereka untuk menangkap mangsa.

Penelitian yang dilakukan oleh Monterrey Bay Research Institute (Bruce Robinson dan Kim Resenbichler), yang telah menemukan ikan unik pertama kali ini pada tahun 2004, telah mengeluarkan laporan penelitiannya di tahun 2009 yang menjelaskan bahwa mata ikan pada tempurung transparan ini dapat berputar. Ikan ini telah diketahui sejak tahun 1939, akan tetapi belum diamati secara mendalam.

{mobgenic.com}
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Test midle sidebar

 
Support : Creating Website | Gallerynews | Gallerynews
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Gallerynews - All Rights Reserved
Template Design by RAKY81 Published by Gallerynews